Kelurahan Sekumpul Kabupaten Banjar Terapkan Gerakan Pilah Sampah

Martapura - Kelurahan Sekumpul, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, mengawali awal tahun dengan menerapkan pilah sampah dari rumah yang merupakan gerakan revolusi mental untuk Indonesia bersih.

Lurah Kelurahan Sekumpul Gusti Marhusin mengatakan, truk pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DHL) Kabupaten Banjar tidak lagi melayani pengangkutan sampah di Kawasan Kelurahan Sekumpul.

"Tetapi masyarakat akan memilah sampah organik dan non organik yang akan dimasukan ke tempat sampah kemudian diambil petugas sampah dari Bank Sampah Sekumpul ke rumah warga," kata Gusti, Sabtu (2/1).

Ia mengatakan, sampah-sampah yang layak tabung seperti sampah non organik bisa ditabung ke bank sampah yang nantinya bisa menjadi emas atau paket sembako.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Pertamanan dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Achmad Norsailah membenarkan, mulai 1 Januari 2021 sampah-sampah di Kawasan Kelurahan Sekumpul akan dikelola oleh Bank Sampah Sekumpul.

Pihaknya memberikan apresiasi atas gerakan pilah sampah serta bank sampah di Kelurahan Sekumpul tersebut.

"Dan pengelolan sampah tersebut sangat membantu dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Sekumpul. Namun, untuk gerakan ini selama tiga bulan akan tetap kami (DLH) 'back up'," ujarnya.