Dishub dan BNNK Ciamis Lakukan Ram Check dan Test Urine Awak Bus

Ciamis - Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan BNNK Ciamis dalam melaksanakan Ram Check Kendaraan sekaligus melakukan pemeriksaan urine terhadap awak angkutan, Rabu (30/12).

Plt Kepala Dinas Perhubungan Ciamis Bambang Hermansyah mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang baik yang akan berpergian atau yang datang ke Ciamis khususnya.

“Ram check yang dilaksanakan meliputi pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan, kelaikan kendaraan yang meliputi pemeriksaan ban, pengereman, lampu-lampu dan juga stir dimana komponen tersebut merupakan bagian yang paling utama," katanya.

Sementara Kepala BNNK Ciamis Engkos Kosidin menjelaskan kegiatan ini merupakan upaya melindungi masyarakat sebagai bentuk deteksi dini dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Kegiatan dilaksanakan dalam momentum menjelang tahun baru. Biasanya kegiatan serupa pun dilaksanakan ketika menjelang Idul Fitri," terangnya.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan dan tes urine para awak angkutan, hasilnya negatif tidak menunjukkan adanya penyalahgunaan narkoba.