Dinkes Ciamis Susun RAD Penanggulangan Tuberkolosis

Ciamis - Dalam rangka mengeliminasi kasus penyakit Tuberkolosis (TB) di wilayah Kabupaten Ciamis, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis bersinergis dengan lintas sektoral guna menghilangkan kasus TB pada tahun 2030.

Serangkaian persiapan tersebut di bahas dalam acara pertemuan penyusunan Rencana Aksi Daerah Penanggulangan TB Kabupaten Ciamis Tahun 2021-2024 menuju eliminasi TB 2030 yang bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Selasa, (29/12).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Yoyo mengatakan tujuan dari kegiatan ini yaitu dalam rangka pembentukan forum koordinasi yang bertujuan mendiseminasikan peran kepada seluruh lintas sektor dan lintas program, organisasi profesi kesehatan, perguruan tinggi, organisasi fasyankes, lembaga pembiayaan kesehatan, mitra teknis, mitra donor, LSM atau organisasi sosial kemasyarakatan dan sektor swasta dalam penanggulangan TB di Kabupaten Ciamis menuju eliminasi TB tahun 2030.

"Penanganan kasus TB ini perlu adanya keseriusan dengan bercermin dari kasus pandemi Covid-19 dengan gempuran melibatkan lintas sektroal," katanya.

Sementara Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Bayu Yudiawan mengungkapkan penyebab penyebaran kasus TB ini yaitu dari kebiasaan buruk, baik dari orang yang mengidap TB itu sendiri maupun orang sehat yang cenderung kurang disiplin.

"Penyakit TB ini terbilang unik, dimana bakteri TB berkerja dengan cara menggerogoti bagaikan rayap dan justru dampak resiko kematian karena TB lebih beresiko dibandingkan dengan Covid-19," ujarnya.