BPD Desa Bincau Terima Kunjungan dari Kecamatan Muara Komam Kaltim

Martapura - Badan Permusyawarahan Desa (BPD) dan Kepala Desa Bincau bersama dengan Camat Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar menyambut kunjungan kerja dari Camat, Kepala Desa dan BPD kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (23/12).

Kunjungan orientasi lapangan anggota BPD tersebut disambut oleh PLT Camat Martapura Ramli, Pembakal Desa Bincau beserta aparat desa dan BPD Desa Bincau Bersama dengan anggota di gedung serbaguna H Matseman.

Seperti yang disampaikan oleh salah satu BPD dari Kecamatan Muara Komam sekaligus ketua Apeksi Bahrin Aqli mengatakan bahwa kegiatan kenapa tujuan untuk orientasi lapangan ini memilih desa Bincau adalah karena mereka sukses untuk membangun desa.

“BPD maupun pemerintah Desa sukses dalam membangun desa, ini yang ingin kami tiru sebenarnya. Karena memang di desa-desa kami di kecamatan Muara Komam itu masih banyak Desa dalam status desa tertinggal walaupun potensi alam itu besar namun karena memang SDM kami di BPD masih tergolong rendah sehingga mengalami kendala,” ungkapnya.

BPD dan kepala desa yang ikut dalam kunjungan orientasi lapangan ini berharap kedepan agar antara BPD dan kepala desa saling sinergi untuk melakukan pembangunan desa agar tidak ada lagi desa tertinggal di kecamatan Muara Komam.

Bahri Aqli menjelaskan bahwa saat ini tidak semua desa tertinggal, tetapi saat ini fasilitas yang ada di desa kami masih kekurangan, seperti jauhnya apa lembaga pendidikan, lembaga kesehatan dari jangkauan masyarakat dari tempat tinggal.

“Dari penilaian Indeks Desa Membangun adalah yang menjadi tolak ukur desa, oleh karena itu makanya sebagian desa kami dikatakan desa tertinggal, dari sisi banyaknya fasilitas-fasilitas atau ruang ruang terbuka masyarakat yang disediakan oleh desa tidak mencukupi,” ucapnya.

“Mudah-mudahan kehadiran kami disini dapat menambah keterampilan kami untuk menimba ilmu bagaimana caranya supaya kami bisa meniru Desa Bincau, artinya ke depan bagaimana hubungan yang harmonis antara BPD dan Kepala Desa,” tambahnya.

Ketua BPD desa Bincau Ahmadi mengatakan bahwa kami sangat tersanjung atas kunjungan yang dilakukan oleh kepala desa serta BPD se kecamatan Muara Komam.

“Kunjungan mereka pada hari ini adalah saling berbagi pengalaman, mudah mudahan apa yang kami sampaikan bisa menjadi masukan dari kawan kawan dai kecamatan Muara Komam, dan apa yang mereka sampaikan bisa kami terapkan di desa Bencau ini,” ungkapnya.

Pada kunjungan tersebut, sebanyak 75 orang terdiri dari sekretaris PMD dari Kebupateh Paser, camat dan sekretaris Muara Komam, Kepala Desa, BPD serta pendamping desa. (Kominfo Kab. Banjar/Ain/Syadi)