Disbudpar Kabupaten Banjar Benahi Tempat Wisata

Martapura - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar terus berupaya mempromosikan destinasi wisata, salah satunya adalah Sungai Desa Sungai Rangas Tengah, Kecamatan Martapura Barat.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar pada tahun ini melakukan pembenahan dan melengkapi sarana dan prasarana agar semakin menarik untuk dikunjungi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar Haris Rifani, Rabu (16/12), mengatakan pihaknya akan meningkatkan pariwisata untuk menarik para wisatawan.

“Seperti wisata yang ada di Sungai Desa Sungai Rangas Tengah, wisata tersebut menggabungkan 2 atraksi wisata yaitu wisata alam dan wisata budaya,” ungkapnya

Haris Rifani menjelaskan bahwa atraksi wisata alam memanjakan wisatawan melalui pengalaman menyisir pemadangan sungai melalui siring sungai, menyeberang sungai melalui getek, dan duduk santai di seberang sungai di gazebo gazebo, dan merasakan pengalaman berjalan diatas titian sambil memberi makan ikan.

“Di seberang sungai juga dilengkapi spot photo dan arena bermain untuk anak anak. Sebelum pandemi, beberapa kali tiap tahun di desa ini juga ada agenda event budaya dan olahraga seperti balap jukung, jukung naga dan lain lain,” tambahnya

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar Aidy Hikmatullah menambahkan bahwa depan wisata sungai ini juga akan di kembangkan dengan konsep wisata edukasi dengan muatan lokal.

“Mudah-mudahan ini terwujud, akan disiapkan arena berwisata sambil belajar dengan muatan lokal, seperti menanam padi, menangkap ikan, main badungsuran lumpur lumpuran, tanahnya sdh disiapkan oleh pemerintah desa,” jelasnya.