Pjs Bupati Manggarai Resmikan 11 Desa Persiapan

Manggarai - Sebanyak 11 desa persiapan lingkup Kecamatan Satarmese dan Satarmese Barat diresmikan oleh Pjs Bupati Manggarai Zeth Libing di tambak Nanga Woja, Kecamatan Satarmese, Senin (23/11).

Usai diresmikan, kegiatan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah dan pelantikan dan pengambilan sumpah 11 penjabat kepala desa persiapan.

Untuk wilayah Kecamatan Satarmese, total sebanyak 7 desa persiapan antara lain Desa Persiapan Bangka Gonggor, Desa Persiapan Ulu Koak, Desa Persiapan Kaca, Desa Persiapan Satar Loleng, Desa Persiapan Nanga Woja, Desa Persiapan Bangka Redeng, dan Desa Persiapan Pong Meleng.

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Satarmese Barat sebanyak 4 desa persiapan antara lain, Desa Persiapan Denge, Desa Persiapan Hilihintir Selatan, Desa Persiapan Muku Te'e, dan Desa Persiapan Pasir Putih.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Zeth menegaskan agar desa persiapan yang telah diresmikan harus berupaya semaksimal mungkin untuk menjadi desa definitif. Menurutnya, semua itu bermuara pada satu tujuan yakni untuk kesejahteraan rakyat.

Terkait pelantikan Penjabat Kepala Desa Persiapan, Pjs Bupati Zeth berharap agar para penjabat fokus dalam mengurus desanya masing-masing.

"Sumpah saudara dihadapan Tuhan dan dihadapan seluruh rakyat, maka saudara-saudara harus menjalankan tugas menjadi kepala desa persiapan dengan baik," tegasnya.

Tugas yang diemban, lanjutnya, antara lain memimpin wilayah dan rakyat dengan baik; memenuhi segala persyaratan agar desa tersebut menjadi desa definitif; membangun kerjasama dengan seluruh pihak; dan membangun sarana dan prasarana publik.

Disela-sela sambutannya, ia berpesan agar di masa Pilkada ini untuk senantiasa menjaga situasi yang kondusif. Terkait COVID-19, ia mengimbau agar masyarakat senantiasa menaati protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Berikut daftar nama 11 Penjabat Kepala Desa lingkup Kecamatan Satarmese dan Satarmese Barat sesuai lampiran Keputusan Bupati Manggarai Nomor HK/331/2020 tentang Pengangkatan Penjabat Kepala Desa Persiapan Dalam Wilayah Kabupaten Manggarai.

Untuk wilayah Kecamatan Satarmese sebagai berikut: Mateus Labut, Pj Kades Persiapan Bangka Gonggor; Agustinus Agus Pantu, Pj Kades Persiapan Ulu Koak; Aleksius Jematu, Pj Kades Persiapan Kaca; Blasius Daba, Pj Kades Persiapan Satar Loleng; Marselinus Ata, Pj Kades Persiapan Nanga Woja; Blasius Badur Pj Kades Persiapan Bangka Redeng; dan Agustinus Gambang Pj Kades Persiapan Pong Meleng.

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Satarmese Barat yakni Vinsensius Talvan Pj Kades Persiapan Denge; Herman Jehasa, Pj Kades Persiapan Hilihintir Selatan; Remigius Hasan Pj Kades Persiapan Muku Te'e; dan Bartolomeus Asar Pj Kades Persiapan Pasir Putih.

Selain acara peresmian dan pelantikan, sejumlah acara lain juga digelar pada kesempatan tersebut yakni, penyerahan SK SMP baru dan Nomor Pokok Sekolah Nasional untuk SMPN 18 Satarmese di Borik dan SMPN 20 Satarmese di Desa Lungar, kemudian, penyerahan bantuan kapal kepada kelompok nelayan, dan terakhir penebaran bibit ikan di tambak Nanga Woja oleh Pjs Bupati Zeth.