Kodim 1006/Martapura Siap Kawal Pilkada 2020

Martapura - Komandan Kodim (Dandim) 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto menjadi narasumber dalam program talkshow LPPL Radio Suara Banjar dengan tema ”Suksesnya Pilkada Menjadi Harapan Baru Mengantar Pemulihan COVID -19.

Dandim Siswo Budiarto mengatakan bahwa saat ini dukungan kodim dalam persiapan pilkada sudah matang, pendistribusian logistik ke seluruh kecamatan di Kabupaten Banjar sudah terlaksana.

Ia juga menyempatkan memonitor langsung terutama di daerah yang letak geografisnya sangat sulit dicapai.

“Dari pantauan kami langsung ke lapangan terkait pendistribusian logistik tadi, kami dapat memberikan input atau masukan kepada Bawaslu dan KPU, karena letak geografis tadi dibutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian, setidaknya dari hasil dokumentasi yang kami kirim ke KPU, dapat memberikan langkah antisipasi KPU dalam pelaksanaan Pilkada ini, tentunya kami tetap mengawal dengan kondisi medan yang ada,” jelas Dandim.

Siswo juga mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan selama tahapan Pilkada 9 Desember mendatang.

“Kesiapan TNI dalam pilkada kali ini menurunkan sebanyak 150 personel untuk 1.273 TPS. Namun pada pelaksanaannya seluruh anggota kodim kita siapkan, diinstruksikan ke seluruh jajaran untuk selalu siap dalam pelaksanaan pengamanan pilkada,” ungkap Siswo.

Siswo menjelaskan, pihaknya juga meminta Babinsa untum membantu pengamanan pilkada.

"Kemudian terkait politik uang, sudah saya ingatkan juga babinsa memantau ini juga, dan masyarakat diharapkan untuk memilih sesuai dengan hati nurani,” tegas Siswo.

Disinggung terkait netralitas TNI dalam pilkada, Siswo mengatakan, hal itu adalah harga mati.

Siwo juga telah memberikan pembekalan kepada seluruh anggota Kodim 1006, Babinsa, dan juga memberikan buku saku, agar jangan sampai ada cacat terkait netralitas TNI dalam tahapan Pilkada 2020.