Desa Abumbun Jaya Salurkan BLT DD Fase III Tahap VIII Tahun 2020

Martapura - Sebanyak 94 orang penerima manfaat warga Desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan menerima dana BLT DD ( Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ) fase III tahap VIII, Sabtu (5/12).

Abdullah warga RT 01 jalur 3, dan Hamsan warga RT 01 jalur 1, merasa sangat gembira dan bersyukur, serta berterima kasih kepada pemerintah atas bantuan ini. Duit ini gasan i imitan ulanja hari hari ( uang ini untuk dihemat, keperluan belanja sehari- hari ).

Ulun sudah kada kawa lagi bacari imbah barujukan sepeda mutur. Batis ulun patah. Wahini bini ulun ja bacari umpat urang maulah bata tanah ( Saya sudah tidak bisa lagi kerja setelah musibah tabrakan motor. Kaki saya patah. Sekarang isteri saya yang bekerja ikut orang membikin bata dari tanah ).

Penghasilan antara Rp 30.000 – Rp 40.000 perhari, kata Abdullah ketika ditanya awak media.

Mun ulun petani haja ( Kalau saya hanya petani ) kata Hamsan menimpali.

Lain lagi dengan cerita Risma, penerima mamfaat, warga RT 03 Trans AL, yang setiap Senin – Jumat ikut orang bekerja sebagai karyawan di Kantin Angkatan Laut Banjarmasin.

Ketika ditanya, sebagai karyawan kantin AL berapa gaji perhari. Risma hanya tersenyum sambil berkata alhamdulillah cukup. Dengan bantuan ini saya benar- benar merasa bahagia dan bersyukur sebagai biaya tambahan hidup, untuk keperluan jajan anak saya, putri kesayangan saya satu satunya. Kata ibu single parent ini.

Selain itu Ipda Tri Wahyudi dan Sertu Jani yang hadir dalam acara penyaluran BLT DD tahap VIII ini sepakat berharap, agar dana bantuan ini dapat dimamfaatkan sebaik- baiknya, seefektif dan seefisien mungkin, dan kalau bisa BLD DD ini dapat dijadikan modal usaha, sehingga bisa berkembang dan bisa mandiri. Demikian harapan Beliau berdua.

Ditempat terpisah, PLD ( Pendamping Lapangan Desa ) berpesan agar BLT DD ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Utamakan kebutuhan primer. Hal ini diamini oleh Syarifudin, MA ( TAPP ) Tenaga Ahli Pembangunan Partisifatif Kabupaten Banjar.

Selanjutnya Sekretaris Desa Abumbun Jaya, Taufik Hidayat menjelaskan. Alhamdulillah Pemerintah Desa Abumbun Jaya sudah dapat menyalurkan BLT DD di bulan Desember ini sampai pada tahapan kedelapan.

Rencana di minggu ke- 4 bulan Desember 2020 ini , akan disalurkan lagi BLT DD tahap yang kesembilan, sehingga target pemerintah pusat terpenuhi dalam membantu warga terdampak Covid – 19.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK 07/2020, terkait penambahan besaran penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD ) menjadi 9 bulan, yakni Rp 600.000,oo ( 3 bulan pertama ), dan Rp 300.000,oo ( 6 bulan berikutnya), dan Peraturan Menteri Desa, PDT, danTransmigrasi Nomor 14 Tahun 2014, tentang perubahan ketiga atas Peraturan Menteri Desa, PDT, danTransmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Kemudian ditindaklanjuti dengan surat edaran nomor 2724/PRI.00/X/2020, tanggal 5 Oktober 2020, prihal Penyaluran BLT DD sampai Desember 2020. Demikian sekdes menutup pembicaraannya. (Kominfo Kab. Banjar/Ahmad/Syadi)