Tim KP3 Tanah Datar Lakukan Pengawasan Pendistribusian Pupuk dan Pestisida

Tanah Datar - Tim KP3 (Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida) Tanah Datar lakukan rapat koordinasi terkait pendistribusian pupuk dan obat-obatan pertanian, Jumat (27/11).

Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Nusyirwan dalam sambutan mengatakan kegiatan pengawasan sangat  penting.

"Dengan adanya pengawasan yang komprehensif maka pupuk dan pestisida yg beredar di tengah-tengah masyarakat dapat terjamin kuantitas dan kualitasnya," katanya.

Lebih lanjut, pemberian pupuk bersubsidi bertujuan melindungi petani dari kebijakan harga pupuk dunia sehingga petani dapat membeli pupuk sesuai kebutuhan dan kemampuan dengan harga sesuai Harga Eceran Tertinggi /HET yang ditetapkan pemerintah.

"Untuk pengawasan penyediaan dan pendistribusian khusus pupuk subsidi nanti ke lapangan harus berpedoman pada tujuh tepat yaitu tepat jenisnya, tepat jumlahnya, tepat mutunya, tepat waktu pendistribusiannya, tepat sasarannya dan tepat harganya dan terjangkau oleh petani. Maka perlu pengamanan dan pengawasan secara terkoordinasi dan komprensif oleh Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3)," tuturnya.

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Masni Yuletri mengungkapkan kelangkaan pupuk saat ini menjadi isu strategis dan perlu kajian yang mendalam.

"Kita berharap semua tim di lapangan punya pandangan yang sama terkait persoalan di lapangan, sehingga tidak ada persoalan yang timbul dan pendistribusian pupuk kepada petani terawasi dengan baik," ujarnya. (KominfoTD)