Demplot Ketahanan Pangan Kodim Martapura Kembangkan Budidaya Jamur

Martapura - Kegiatan Demplot Ketahanan Pangan pertanian hingga budidaya ikan dan jamur yang merupakan program Ketahanan Pangan bidang Teritorial Angkatan Darat terus dilaksanakan, Kamis (26/11).

Bati Bakti TNI Sterdim Martapura Peltu Gunawan menerangkan Program Demplot Ketahanan Pangan Sayuran ini telah dimulai tahun lalu dan hingga saat ini terus dikembangkan.

"Sayuran yang dibudidayakan ada beberapa jenis seperti terong, cabai, kangkung, sawi, tomat dan lainnya, ikan dalam ember jamur menjadi andalan kami," katanya.

Dijelaskan, dari Kodim 1006 Martapura sendiri untuk panen sayur dan ikan sudah dapat dipanen dilaksanakan beberapa kali dan bulan ini jamur yang digalakan juga.

"Program demplot masih di sekitar lingkungan Kodim terlebih dahulu, terutama budidaya jamur, setelah dapat dikembangkan ada hasil terkait ini baru jajaran Koramil kita berikan sosialisasi dan praktek pembuatan jamur," ujarnya.

Sementara itu, Pasi Ter Kapten Inf Kurmanto membenarkan saat ini sudah ada demplot budidaya jamur, dan sayur, juga selain ikan lele, papuyu kita tebar benih sebanyak 2000 bibit di tebar ditiga kolam.

"Harapannya kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada seluruh anggota Kodim maupun Persit dan masyarakat untuk tetap produktif di tengah pandemi COVID-19, sehingga dapat membantu pemerintah dalam program ketahanan pangan," ujarnya. (Kominfo Kab. Banjar/Stan/Syadi)