Evaluasi Smart City, Akses Internet di Indramayu Bertahap Diperluas

Indramayu - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI belum lama ini melalukan evaluasi  penerapan Smarat City terhadap Pemerintah Kabupaten Indramayu.Tujuan Evaluasi ini guna memantau sejauh mana konsep smart city di Bumi Wiralodra Indramayu dimplementasikan.

Pemerintah Kabupaten Indramayu sendiri masuk dalam program smart city nasional sehingga Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu melakukan pemaparan terhadap Tim Evaluator Smart City mengenai program dan penerapan konsep smart city di Indramayu.

Kepala Diskominfo Indramayu Aan Hendrajana menjelaskan, penerapan konsep smart city di Indramayu telah menyasar terhadap pelayanan publik yang masing-masing dilakukan Satuan Perangkat Daerah (SKPD) melalui Sistem Pemerintahhan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Untuk program smart city sendiri untuk tahun ini para SKPD mempunyai program inovasi yang bertujuan terwujudnya e-government," katanya Rabu (25/11).

Sehingga kata Aan, implementasi program smart city yang dilakukan para SKPD sudah berpengaruh kepada kebutuhan masyarakat dalam hal pelayanan publik selama ini.

"Pelayanan publik terhadap masyarakat yang menjadi kewajiban SKPD selama ini sudah berdampak baik melalui program dan konsep smart city melalui penerapan SPBE, walau memang masih ditemui kendala baik sistem maupun akibat dari pandemi Covid-19," tambahnya.

Direncanakan sebagai langkah kepuasan terhadap elemen masyarakat kedepan program smart city di Indramayu akan memperluas jaringan internet secara gratis,  terlebih untuk masyarakat yang berada di pelosok-pelosok desa minim jangkauan sinyal internet.

"Kami insyallah mendapatkan bantuan, yakni pendirian tower untuk sinyal internet gratis sebanyak 8 tempat. Kami akan bangun akses internet ini untuk masyarakat yang mengalami kendala dalam penggunaan internet seperti pelosok-pelosok desa," lanjutnya.

Dengan demikian harapan Aan, setelah dibangunnya tower internet gratis bisa kemudian membantu masyarakat mendapatkan informasi secara keseluruhan.

"Dengan internet yang dibangun di wilayah pelosok-pelosok desa semoga saja nantinya berdampak baik terhadap masyarakat daalam hal mendapatkan informasi tentang pembangunan Indramayu. Terlebih kepada anak-anak dalam hal kebutuhan tugas belajar bisa menggunakan internet gratis nantinya,"pungkasnya. (M.Toyib/Diskominfo Indramayu)