Tekan Kasus HIV/AIDS, KPA Ciamis Gandeng Lintas Sektoral

Ciamis - Tangani kasus HIV/AIDS, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Ciamis gandeng lintas sektoral melalui acara pertemuan dengan para steakholder, Selasa (17/11).

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan merasa sangat senang dengan adanya laporan kegiatan ini karena hal ini sangat dipandang penting sebagai bentuk rasa sosial terutama untuk kesehatan masyarakat khususnya di Kabupaten Ciamis.

"Tentu ini adalah tanggung jawab kita semua kepada masyarakat, sesuai visi dan misi Kabupaten Ciamis yang ingin masyarakatnya sehat lahir dan batin," katanya.

Hal senada juga dikatakan Sekretaris Komisi Penanggulangan KPA Kabupaten Ciamis, Andy Ali Fikri mengungkapkan pandangan kita terhadap penanganan kasus HIV/AIDS tidak bisa hanya selalu berkaitan dengan Dinas Kesehatan saja.

"Akan tetapi saya melihat kasus HIV/AIDS ini harus disikapi seperti halnya dengan kasus pandemi COVID-19 saat ini, " terangnya.

Dikatakan, perlu strategi yang lebih komprehensif dalam penanggulangan HIV melalui kolaborasi pentaheliks dengan melibatkan semua stakeholder yaitu sektor pemerintah, akademisi, pengusaha, media dan komunitas, urainya.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Yoyo menjelaskan tercatat sebanyak 95 temuan kasus HIV/AIDS dalam satu tahun di tahun 2019 di Kabupaten Ciamis.

Sedangkan di tahun 2020 hingga Oktober 2020 telah ditemukan kasus HIV sebanyak 51 kasus.

"Untuk total jumlah kasus HIV di Kabupaten Ciamis, sejak tahun 2001-2020 bulan Oktober yakni sebanyak 562 kasus HIV, 305 diantaranya sudah dalam fase AIDS," urainya. (diskominfo. cucu-azizal)