Kegiatan GEMARIKAN Sasar Ibu-Ibu di Desa Mangkauk Banjar

Martapura - Dalam rangka Peringatan Hari Ikan Nasional ke-7 tahun 2020, kegiatan GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) digelar di Balai Desa Mangkauk, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Selasa (17/11) pagi.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banjar Raudathul Wardiyah didampingi Kepala Dinas Perikanan Riza Dhauly menjelaskan tentang pentingnya makan ikan dalam upaya peningkatan imunitas tubuh untuk melawan COVID-19, serta pencegahan stunting.

Raudathul juga mengimbau agar membiasakan anak-anaknya makan ikan karena diketahui bahwa hewan laut tersebut memiliki protein tinggi, sehingga gizi seimbang mereka bisa terpenuhi, dan menjadi generasi yang cerdas serta berbudi luhur.

”Mari biasakan makan ikan yang tinggi protein agar terpenuhi gizi yang seimbang dalam tubuh, selain itu juga bisa meningkatkan imun tubuh sehingga aman dari penularan COVID-19 dan stunting,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Banjar Riza Dhauly juga mengajak warga yang hadir agar mengubah kebiasaan makan dengan gemar mengonsumsi ikan.

”Ibu merupakan madrasah bagi anak-anaknya, suri tauladan yang baik, masa depan anak dengan fisik yang menunjang dan tubuh sehat merupakan kewajiban dari seorang ibu untuk memperkenalkan gemar makan ikan dan membiasakan pola hidup sehat,” harapnya.