Belajar Implementasi Smart City, Diskominfo Muara Enim Kunjungi Living Lab SCN Telkom

Muara Enim - Dalam rangka percepatan Muara Enim Smart Regency, Dinas Kominfo (Diskominfo) Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan melakukan kunjungan kerja ke Living Lab Smart City Nusantara (SCN) PT Telkom Indonesia, Jakarta, Selasa (5/11).

pada kunker tersebut, rombongan yang dipimpin Ardian Arifanardi, selaku Kadis Kominfo Muara Enim berkesempatan mensimulasikan program-program Muara Enim Smart Regency dengan program yang ada di SCN, serta langsung diajak berkeliling Living Lab yang meliputi Smart Government, Smart Industri, Smart Citizen dan Smart Living.

"Kami sangat mengapresiasi program-program dan terobosan yang ada di SCN ini karena merupakan paket lengkap untuk membangun Smart City. Kami berharap kedepan bisa saling bersinergi," ujar Ardian.

Sementara itu, Senior Officer Living Lab SCN Harun mengatakan, untuk membangun Kabupaten Cerdas tidaklah instan, tentu dibutuhkan waktu, sarana dan prasarana penunjang seperti perangkat teknologi dan sistem informasi teknologi, serta SDM yang kompeten di bidangnya.

Tak hanya itu, Ia juga mengatakan PT Telkom Indonesia memiliki berbagai program aplikasi yang bisa diimplementasikan pada pemerintahan diantaranya Command Center di Smart Government, pajak hotel dan restoran di Smart Industry, Smart Citizen dan Smart Living.

Ia menjelaskan, Living Lab Smart City Nusantara merupakan tempat yang disediakan PT Telkom bekerja sama dengan beberapa anak perusahaan Telkom Group yang menyediakan beragam real experience layanan dan produk untuk membantu dan mempermudah pelayanan industri. Di Lab ini juga kita bisa secara langsung dapat merasakan dan mengalami seperti apa wujud dari smart city yang sebenarnya.