Kabupaten Banjar Siap Ikuti Evaluasi 100 Smart City

Martapura – Pemerintah Kabupaten Banjar siap mengikuti evaluasi tahap pertama Gerakan 100 Smart City yang akan digelar pekan ketiga November 2020.

Rapat persiapan evaluasi dipimpin oleh Asisten perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banjar, H. Muhammad Rusdi, di Aula Barakat, Kamis (5/11).

Seperti diketahui, Pemkab Banjar merupakan salah satu dari 100 kabupaten dan kota di Indonesia yang termasuk dalam Gerakan 100 Smart City untuk mewujudkan “Kota Cerdas” di Indonesia.

Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN dan RB, dan Kompas Gramedia  menyelenggarakan Program Gerakan Menuju 100 Smart City.

Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Diskominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Cornelius Kristiyanto menjelaskan setiap SKPD yang terlibat dalam Gerakan Smart City di Kabupaten Banjar akan mengumpulkan progress yang telah dilaksanakan untuk disampaikan sebagai sinkronisasi bahan evaluasi, baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

"Semua dimensi Smart City akan dievaluasi termasuk quick win smart city Kabupaten Banjar yakni “Gebraks”. bersama-sama dengan program kegiatan pada masing-masing Smart, Smart Economy, Smart Environtment, Smart Living, Smart Government, Smart Branding dan Smart Society,” ujarnya.

Kris mencontohkan pada Smart Government yang sudah berhasil direalisasikan adalah Mall Pelayanan Publik "Barokah" dan telah diluncurkan oleh Bupati Banjar 29 Januari 2020. (Kominfo Banjar/Mey/Dani/Syadi)