Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan

Ciamis - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menghadiri kegiatan penanaman pohon di Gunung Sawal Blok Desa Cikupa Kecamatan Lumbung, Kamis (5/11).

Kegiatan penanaman pohon tersebut diselenggarakan oleh Komunitas Peduli Lingkungan dan Gunung (Pelindung) bekerjasama dengan Komunitas Peduli Lingkungan, pecinta alam dan didukung berbagai instansi pemerintah di Kabupaten Ciamis.

Adapun pohon yang ditanam berupa tumbuhan penyerap air seperti pohon picung, aren, pala dan jenis pohon penyerap air lainnya.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menghimbau para peserta dan masyarakat yang hadir dalam kegiatan penanaman pohon untuk terus melestarikan lingkungan hutan.

"Kita harus terus berupaya melestarikan hutan untuk menjaga keseimbangan alam dan pasokan air untuk diwariskan kepada anak cucu kelak," katanya.

Bupati Herdiat mengungkapkan pada tahun 2020, Pemkab Ciamis merupakan satu-satunya Kabupaten yang mengusulkan ke pemerintah pusat untuk menjadikan Gunung Sawal, Gunung Madati dan Gunung Geger Bentang menjadi hutan konservasi.

"Kita ingin melestarikan 16 ribu hektar Gunung Sawal sebagai sumber mata air dan harus dijaga untuk penghidupan masyarakat sekitar," terangnya.

Sebagai upaya pelestarian lingkungan, Pemkab Ciamis merencanakan membagi wilayah Gunung menjadi hutan konservasi, hutan produksi dan suaka margasatwa agar semuanya betul-betul terintegrasi.

"Adanya hutan konservasi, kita bisa memelihara sumber daya dan hutannya," ungkapnya.

Sumber : Humas Ciamis