Koramil Sungai Pinang Manfaatkan Pekarangan untuk Budidaya Lele dan Sayuran

Martapura - Kodim 1006/Martapura melalui Koramil -01/Sungai Pinang melakukan pengembangan program ketahanan pangan dengan melakukan penanaman sayuran dan budidaya ikan lele, Rabu (4/11).

Pada kegiatan tersebut, Danramil 1006-01/Sungai Pinang Kapten Inf Yohanes Sumarsono memanfaatkan lahan pekarangan yang ada untuk melakukan membudidaya ikan lele.

“Koramil Sungai Pinang melaksanakan pembudidayaan ikan lele di kolam pekarangan yang ada di kantor Koramil. Sebanyak 700 bibit ikan ditebar. Tidak hanya itu, kami juga menanam sayuran,” ungkapnya.

Yohanes menambahkan bahwa budidaya ikan serta menanam sayuran di pekarangan diharapkan bisa mendongkrak pendapatan kehidupan rumah tangga di masa pandemi COVID-19.

“Ini dilakukan mengingat pemeliharaan ikan sangat mudah, sehingga cocok untuk kegiatan sampingan termasuk untuk pemanfaatan lahan yang ada di sekitar kantor dan rumah. Ikan lele cepat panen serta mudah dalam melakukan pemasaran di wilayah setempat,” ungkap Yohanes

Sementara itu, dandim 1006/Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto berharap kepada seluruh anggotanya agar selalu memanfaatkan potensi wilayah yang ada, sehingga dapat menghasilkan penambahan ekonomi bagi prajuritnya.

“Asal ada kemauan pasti ada jalan, pekarangan selain mempunyai potensi untuk kegiatan budidaya tanaman juga memiliki potensi besar untuk menambah pendapatan budidaya ikan, selain itu juga bisa menjadi sumber pangan dan gizi bagi Keluarga prajurit,” ucapnya.