Disbudpar Banjar Tambah Fasilitas Wisata di Puncak Pematang Kaladan

Martapura - Untuk menambah daya tarik pengunjung di tempat wisata, perlunya penambahan fasilitas untuk menunjang daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.

Seperti salah satu wisata alam yang ada di Kabupaten Banjar yaitu puncak pematang Kaladan yang merupakan destinasi wisata yang ada di Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

Fasilitas yang ditambah oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar (Disbudpar) adalah Gembok Kenangan Matang Kaladan yang dipasang di puncak gunung Matang Kaladan, Minggu (1/11).

Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar Badi’ah mengatakan pihaknya melakukan workshop ekonomi kreatif yaitu pembuatan aksesoris dan gembok kenangan.

“Selain untuk menambah fasilitas agar menambah daya tarik, juga tujuan kami melakukan workshop juga untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar objek wisata,” katanya.

Menurut Badi’ah,penambahan fasilitas di objek wisata Matang Kaladan ini pembuktian bahwa pihaknya bukan memberikan pelatihan saja, tetapi juga mencoba untuk agar wisatawan tertarik dengan tempat wisata di Kabupaten Banjar.

“Untuk itu, pembuatan kerangka gembok kenangan ini kami juga bekerjasama dengan pengusaha yang ada di Kabupaten Banjar,” ucapnya.  (Kominfo Banjar/Ain/Syadi)