Dua Desa di Simpang Empat Banjar Studi Banding ke Kotabaru

Martapura - Aparat dua Desa di Kecamatan Simpang Empat yakni Desa Simpang Empat dan Desa Lok Cantung gelar studi Banding pengelolaan Bumdes di Desa Tegal Rejo, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Senin (2/11).

Kegiatan studi banding ini diisi dengan diskusi terkait pembentukan Bumdes dan pengelolaannya agar dapat diaplikasikan di Desa Simpang Empat dan Desa Lok Cantung Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar.

Sekretaris Camat Alipudin mengatakan kegiatan studi banding ini merupakan yang telah direncanakan dan sudah disepakati oleh kedua desa yakni Desa Simpang Empat dan Desa Lok Cantung bersama dengan pengurus Bumdes Desa Tegal Rejo, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru.

"Tujuan adanya kegiatan ini adalah kepada para perangkat desa Simpang Empat dan Desa Lok Cantung di Kecamatan Simpang Empat mendapatkan pengetahuan bagaimana membentuk Bumdes dan bagaimana mengelola dengan baik sesuai dengan potensi yang dimiliki desa," katanya.

Menurut Alipudin, alasan memilih Bumdes Pesona Rejo Jaya sebagai tujuan atau sasaran dari studi banding karena Bumdes Pesona Rejo Jaya, Desa Tegal Rejo termasuk Bumdes terbaik di Kalimantan Selatan.

"Seperti yang kita ketahui bahwa Bumdes Pesona Rejo Jaya merupakan Bumdes dengan pengelolaan terbaik se Kalsel yang mampu berkembang dengan pesat hanya dalam kurun waktu satu tahun sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di desanya," ujarnya. (Kominfo Banjar/Stan/Syadi)