Pemkab Kubu Raya Fokus Optimalisasi Pelayanan Perizinan

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat terus berupaya melakukan optimalisasi pelayanan perizinan, salah satunya lewat pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP).

MPP akan secara progresif memadukan pelayanan dari pemerintah pusat, daerah, dan swasta dalam satu gedung.

Menuju hal itu, Pemkab Kubu Raya mendatangkan perwakilan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta untuk berbagi ilmu.

Bupati Muda Mahendrawan menuturkan, pihaknya mendatangkan perwakilan DPMPTSP DKI Jakarta untuk belajar lebih optimal dalam pelayanan publik.

"Jadi dalam satu tempat nanti terdapat berbagai jenis pelayanan sehingga orang tidak repot lagi mengurus bermacam hal. Ini upaya memaksimalkan pelayanan untuk mempermudah masyarakat mengurus perizinan," ujar Muda.

"Kita belajar dari DKI Jakarta yang begitu baik pelayanan terpadunya. Kita harus belajar dari yang terbaik supaya standar kita juga lebih bagus," tuturnya usai membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Optimalisasi Pelayanan Perizinan di Kabupaten Kubu Raya, khususnya Izin Mendirikan Bangunan dan Implementasi Mall Pelayanan Publik (MPP) di Hotel Gardenia Kubu Raya, Senin (28/10).

Muda mengatakan, pemerintah daerah fokus mewujudkan pelayanan perizinan yang cepat, tepat, dan selamat, karena itu, perlu ada perspektif baru dari pihak yang lebih maju dalam hal pelayanan perizinan.

"Kita perlu banyak mendapatkan perspektif bagaimana suasana maupun pola metode pendekatan dan strategi yang dilakukan. Karena memang ini sudah kebutuhan. Artinya kebutuhan untuk mengantisipasi era sekarang yang serba cepat," jelasnya.

Muda menyatakan pihaknya berkomitmen untuk menyempurnakan sektor pelayanan perizinan karena Pemkab Kubu Raya ingin terus menjaga prinsip keterbukaan.

"Karena itu yang paling penting. Di mana semua orang bisa bekerja dan tidak banyak yang menganggur. Salah satunya ada efeknya di pelayanan perizinan dan nonperizinan," terangnya.

Menurut Muda, model pelayanan perizinan terpadu yang akan ada di Kubu Raya adalah ramuan dari contoh pelayanan perizinan di Jakarta.