Ketua TP-PKK Kubu Raya Ajak Kaum Ibu Cerdas Kelola Sampah

Kubu Raya - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda Mahendrawan mengajak ibu-ibu majelis taklim berperan aktif dalam menjaga lingkungan.

Hal itu dikatakan Rosalina saat menghadiri Safari Keagamaan PKK di Dusun Gaya Baru, Desa Teluk Bayur, Kecamatan Terentang, Sabtu (25/10).

Rosalina pada kegiatan tersebut membawa sendiri tiga kantong berukuran besar. Kantong pertama untuk plastik kemasan air mineral, kedua, plastik mika pembungkus makanan, dan ketiga makanan sisa.

"Kita sudah punya yang namanya bank sampah, yaitu di Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya. Jadi jangan dikira uang saja yang punya bank. Sampah juga punya," ungkapnya.

Rosalina melanjutkan, di bank sampah masyarakat "nasabah" punya nomor rekening atau buku tabungan. Di hari-hari tertentu, sampah yang telah terkumpul akan disetorkan ke bank sampah untuk ditimbang dan ditulis nilai sampahnya.

"Jadi masukkan sampah, keluarnya uang," ujar Rosalina Muda Mahendrawan.

Rosalina menyebut kebiasaan buang sampah kerap dianggap sepele, terutama di rumah tangga. Di mana sampah ditumpuk menjadi satu. Padahal jika mengetahui ilmunya, sampah tersebut bisa diolah sehingga bermanfaat, termasuk punya nilai ekonomis.

"Sekarang ini anak-anak sekolah pun sudah mampu membikin sampah kompos cair yang laku dijual. Ini karena pesatnya teknologi," ucapnya.

Karena itu, Rosalina mengajak masyarakat, khususnya kaum ibu untuk mulai mengolah sampah dengan baik, termasuk dengan tidak membuang sampah ke sungai. Karena selain akan kehilangan peluang manfaat dari sampah, juga akan berdampak kerusakan lingkungan.