Anggota Kodim Martapura Jalani Tes Urine

Martapura - Kodim 1006/Mtp bekerjasama dengan BNN Kota Banjarbaru menggelar tes urine sebagai upaya menekan dan mencegah maraknya penyalahgunaan narkotika.

Hal ini sesuai Instruksi Presiden Nomor 2/2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN 2020-2024 melalui pemberdayaan dan cegah dini program satuan bidang intelijen.

Kapten Chk Hadi Sutrisno Babinsa mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud dan komitmen pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

"Selain menggelar sosialisasi pencegahan Narkoba bagi prajurit, sebanyak 32 anggota mengikuti pemeriksaan tes urine," ujar Hadi di aula Makodim 1006 Martapura, Senin (19/10).

Hadi mengatakan, langkah ini upaya mencegah anggota TNI tidak terkontaminasi penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.

“Karena prajurit adalah merupakan contoh buat masyarakat, jangan sampai menjadi penyalahguna barang terlarang narkoba, dan pemakai jelas akan dijatuhi sanksi,” katanya.

Oleh karena itu pihaknya berharap semua anggota TNI menjaga bersama dimulai dari prajurit dulu sehingga dapat dicontoh masyarakat.

Ditemui terpisah, Komandan Kodim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto berpesan

menjauhi narkoba.

“Jadi ingat sekali saja mencoba, apalagi konsumsi sudah berbahaya, jagan coba- coba,” tegas dandim.