Indramayu Perlahan Menuju Zona Hijau COVID-19

Indramayu - Semakin menurunnya jumlah orang terkonfirmasi COVID-19 di beberapa wilayah kecamatan secara perlahan membuat Kabupaten Indramayu berada dalam zona hijau atau bebas dari penyebaran virus corona.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Indramayu Deden Boni Koswara menyebutkan, dari 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu beberapa wilayah kecamatan berada dalam zona hijau yang jumlahnya saat ini 11 kecamatan.

"Jumlah 11 kecamatan yang berada dalam zona hijau itu seperti, Kecamatan Bangodua, Cantigi, Cikedung, Gantar, Jatibarang, Krangkeng, Pasekan, Patrol, Sliyeg, Sukagumiwang, Widasari dan seterusnya," katanya saat dikonfirmasi, Sabtu (17/10).

Sementara untuk kondisi kecamatan yang berada dalam zona kuning atau rendah terdapat 3 kecamatan dan zona orange atau sedang terdapat 2 kecamatan dan zona merah atau yang berarti resiko tinggi penyebaran COVID-19 hanya berjumlah 15 kecamatan.

"Dari yang awalnya mencapai 20 kecamatan (zona merah), kini hanya 15 kecamatan saja," ujarnya,

Deden Boni Koswara yang juga Kepala Dinas Kesehatan Indramayu mengungkapkan, dengan kondisi banyaknya wilayah kecamatan berada dalam zona hijau. Kondisi tersebut tidak lepas dari kinerja dan usaha semua elemen mulai pemerintah sampai masyarakat.

Upaya pemerintah untuk masyarakat yakni mengedukasi dan mengajak dalam kegiatan Operasi Yustisi menegakan protokol kesehatan melalui 3M (Mencuci Tangan, Menggunakan Masker dan Menjaga Jarak).

"Selain mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk patuh protokol kesehatan, juga kami mengaktifkan relawan-relawan COVID-19 baik di tingkat kecamatan hingga desa untuk terus memantau dan menegakan protokol kesehatan di tengah masyarakat," ungkapnya.

Termasuk, tambah Deden, pembentukan kampung tangguh dan satgas tingkat desa, RW, maupun RT, yang digagas bersama antara Muspika hingga Pemdes dengan aparat setempat untuk bersama-sama bisa memantau langsung aktivitas masyarakat menerapkan protokol kesehatan.