Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa

Kota Banjar - Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Tingkat Kota Banjar Tahun 2020 merupakan bagian dari program kemanunggalan TNI dengan masyarakat berlokasi di Desa Cibeureum Kecamatan Banjar Kota Banjar secara resmi dibuka Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana, Kamis (12/10).

“BSMSS adalah program pembangunan berbasis gotong-royong. Karena kegiatan ini dilakukan oleh prajurit TNI dan pemerintahan daerah beserta masyarakat setempat," katanya.

Ditambahkan, BSMSS kali ini tidak semeriah tahun lalu karena dampak pandemi.

“Pembangunan pada dasarnya mutlak tanggung jawab pemerintah dengan seluruh elemen TNI Polri serta sinergitas dengan masyarakat. Saat ini, tradisi gotong royong sudah menipis, kecuali di beberapa daerah termasuk Cibeureum yang masih kompak masyarakatnya bahkan mereka menghibahkan beberapa tanahnya untuk mendukung program pemerintah," terangnya.

Adapun program BSMSS ini meliputi pembangunan fisik dan non fisik. Untuk pembangunan fisik di Dusun Cipantaran nantinya akan menyambungkan tiga titik sentral antara Desa Cibeureum ke Desa Jajawar dan Balokang.

“Pembangunan non fisik juga dilakukan dengan adanya pembinaan tentang wawasan kebangsaan utk membangun ketahanan wilayah dan membangun mental masyarakat”, pungkasnya.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar