Dispersip Tata Kearsipan Tingkat Sekolah Dasar

Martapura - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar kini melakukan pendampingan, pendataan, dan penataan arsip aktif dan inaktif di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Banjar.

Pendampingan, pendataan, dan penataan arsip aktif dan inaktif tersebut, salah satunya digelar Dispersip Kabupaten Banjar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Manarap Tengah 2 Kecamatan Kertak Hanyar dengan melakukan koordinasi dan komitmen bersama pihak sekolah.

“Setelah dilakukan koordinasi dan komitmen bersama, maka kami melaksanakan penyusunan arsip aktif dan arsip inaktif di SDN Manarap Tengah 2, Kecamatan Kertak Hanyar,” kata Kepala Bidang Kearsipan Kabupaten Banjar Taslam Muzakiah, Kamis (15/10).

Menurut Taslam tujuan digelarnya pendampingan tata kelola kearsipan ini untuk mewujudkan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan manajemen kearsipan yang lebih baik serta teratur.

“Dengan penyusunan dan tata kelola kearsipan yang baik, maka akan mempermudah dalam pencarian data-data. Khususnya data-data penting, baik di setiap Struktural Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) tidak terkecuali di setiap sekolah yang ada di Kabupaten Banjar,” ujarnya. (Kominfo Banjar/Zay/Syadi)