Disperindag Kalsel Gandeng IKM Pengelasan Bikin Alat Cuci Tangan Portabel

Martapura - Guna menumbuhkan kembali ekonomi masyarakat, khususnya pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Bidang Pengelasan, Dinas Perindustri dan Perdagangan (Disperindag) Kalimantan Selatan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pembuatan alat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Portabel.

Kepala Seksi Pengembangan IKM Disperindag Kris Wibowo mengatakan Bimtek IKM Bidang Pengelasan diberikan sejumlah bahan peralatan pembuatan alat CTPS portabel mulai dari bahan besi, selang air, pipa, hingga tandon air 300 liter.

“Ini bagian dari upaya guna menjaga keberlangsungan produksi dan eksistensi IKM di Provinsi Kalsel tersebut,” katanya kemarin.

Bintek digelar mulai 12-16 Oktober 2020 diikuti puluhan peserta dari perwakilan lima pengusaha IKM.

Pelatihan yang berlangsung selama lima hari ini, akan mengahasilkan lima unit Alat CTPS Portabel, satu hari akan menghasilkan 1 unit dari setiap IKM Bidang Pengelasan.

“Hasil Bimtek akan pasarkan ke instansi pemerintah dengan harga jual sesuai dengan harga bahan yang dipakai,” terangnya.

Sementara Kabid Industri Logam Disperindag Banjar Linda Yunianta menyampaikan ada lima IKM di Kabupaten Banjar yang ikut.

“Dalam Bimtek kami terus memantau perkembangan di setiap IKM bidang Pengekasan ,dan diharapkan dari Bimtek dapat digunakan dengan baik guna perkembangan usaha di tengah pandemi COVID-19,” ujarnya. (Kominfo Banjar/Putra/Syadi).