Pemkab Tanah Datar Peringkat Pertama Penggunaan Bahasa Indonesia Terbaik

Batusangkar - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar meraih penghargaan peringkat pertama berbahasa Indonesia terbaik kategori Media Massa Elektronik Instansi Pemerintah se-Sumatera Barat.

Penghargaan itu diperoleh karena Pemkab Tanah Datar dinilai telah menyajikan penggunaan bahasa Indonesia secara keseluruhan sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD).

Dua peringkat terbaik lainnya untuk Tanah Datar adalah kategori Pengguna Bahasa Terbaik Tingkat SMP, 2 SMP di Tanah Datar yang memperoleh Peringkat Terbaik yaitu terbaik 2 diperoleh SMP 2 Sungayang, dan terbaik 5 oleh SMP Nurul Ikhlas X Koto.

Kepala Balai Bahasa Pemprov Sumbar Aminu Latif, Senin (5/10), mengatakan penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota telah melalui pemantauan, penelitian  dan penilaian kepada media massa milik pemda se-Sumbar.

"Balai Bahasa melihat unsur kaidah bahasa yang digunakan dalam menyajikan informasi, seperti ejaan, penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan penggunaan kaidah bahasa lainnya sehingga dengan adanya Instasi Pemerintah memulai berbahasa yang baik maka nantinya akan berlanjut kepada penggunaan bahasa lisan dan tulisan yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia," ujarnya.