PMI Manggarai Barat Simulasi Penanggulangan Bencana Tanah Longsor

Labuan Bajo - Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Manggarai Barat menggelar kegiatan simulasi tanggap darurat bencana tanah longsor di Desa Cunca Lolos Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (01/10).

Kegiatan simulasi yang diikuti oleh pengurus PMI serta para relawan se-kabupaten Manggarai Barat mengambil tempat di lapangan SMP Negeri 3 Mbeliling sebagai titik kumpul evakuasi ketika terjadi bencana.

Sekretaris PMI Mabar Bertin Banggur mengatakan kegiatan simulasi dilaksanakan dalam rangka melatih kesiapsiagaan PMI dalam menghadapi bencana alam khususnya tanah longsor.

''Pentingnya penyegaran pengetahuan terkait bagaimana kita bisa melaksanakan kegiatan penanggulangan bencana apabila bencana benar-benar terjadi, selain itu kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pengukuhan pengurus PMI tingkat Kecamatan Mbeliling yang akan dilaksanakan pada hari sabtu,'' katanya.

Sementara itu Camat Mbeliling Robertus Resmianto mengungkapkan sangat tepat simulasi dilakukan di Kecamatan Mbeliling karena wilayah tersebut merupakan daerah rawan longsor.

''Saya sangat apresiasi dan mendukung kegiatan PMI Mabar, dimana kegiatan simulasi tersebut melatih relawan agar siap siaga dalam menghadapi bencana, selain itu saya mengharapkan agar angkatan muda di Kecamatan Mbeliling mau ikut bergabung dengan sukarela menjadi relawan PMI," ungkap Robertus.

(Edwin/Syarif ab)