Pemkab Kubu Raya Serahkan Bonus MTQ Kalbar

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) menyerahkan pembagian bonus bagi kafilah yang berhasil meraih emas, perak dan perunggu pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Kalbar tahun 2020 yang berlangsung di dua tempat yang dilaksanakan secara virtual di Kota Pontianak (7-13/9/2020) dan secara faktual di Kabupaten Sekadau (16-21/9/2020).

"Pemberian bonus ini adalah bentuk apresiasi dari Pemkab Kubu Raya terhadap para khafilah asal Kubu Raya yang sudah berjuang dan memberikan yang terbaik untuk Kubu Raya dalam ajang MTQ tingkat Kalbar, mesti kegiatan itu dilaksanakan ditengah pandemi," kata Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH usai menyerahkan bonus kepada kafilah di aula Kantor Bupati, Rabu (30/9).

Menurut Muda, prestasi yang diraih oleh warga Kubu Raya dalam ajang MTQ tingkat Kalbar tersebut merupakan wujud dan hasil kepung bakul (kerja sama) yang baik dari semua pihak. Dan semangat Kepung Bakul tersebut menjadi strategi pemerintah Kubu Raya dalam semua sektor, dimana semua pihak bisa bergerak dengan spontanitas dengan dasar tanggung jawab untuk kepentingan bersama.

"Sekali lagi dasarnya tanggung jawab bukan tugas. Maka saya tidak pernah mengatakan dengan kosa kata tugas, namun tanggung jawab, karena jika seorang merasa bertanggung jawab, maka dia merasa ikut terhadap segala hal yang menyangkut hajat hidup orang banyak," tuturnya.

Muda mengatakan capaian kafilah Kabupaten Kubu Raya tetap patut disyukuri. Sebab setidaknya ada lima personel dari kafilah Kubu Raya yang akan memperkuat kafilah Provinsi Kalimantan Barat di ajang MTQ tingkat nasional di Provinsi Sumatra Barat pada November mendatang.

"Lima orang yang mendapat peringkat pertama di cabang lomba Alhamdulillah bisa mewakili Kubu Raya untuk ke MTQ nasional di Sumatra Barat. Mudah-mudahan nantinya akan bisa membanggakan Provinsi Kalimantan Barat," katanya.

Muda berharap, para khafilah yang nantinya akan mewakili Kubu Raya dan Kalbar pada ajang MTQ tingkat nasional di Sumatera Barat, bisa terus mempertahankan kemampuannya dan kembali mengharumkan nama Kubu Raya di tingkat nasional.

" Saya selalu yakin karena masyarakat Kubu Raya harus membangun optimisme, sebab ini juga bagian dari cara kita untuk membangkitkan semangat untuk menjaga generasi umat", pungkasnya.

Pada MTQ XXVIII Kalbar tahun 2020, kafilah Kabupaten Kubu Raya berhasil meraih peringkat ketiga dari 14 kabupaten/kota di Kalbar dengan torehan 5 emas, 8 perak dan 8 perunggu.

Adapun bonus yang diberikan untuk kafilah yang berhasil meraih emas masing-masing berhak mendapatkan tabungan Rp10 juta, perak Rp5 juta, perunggu Rp4 juta. Pelatih Rp4 juta dan Official masing-masing Rp2 juta.