DP2KBP3A Banjar Gelar KB Mobile di Kecamatan Sungai Pinang

Martapura - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Banjar menggelar layanan KB Bergerak (Mobile) di Kecamatan Sungai Pinang, Senin (28/9).

Pada kegiatan tersebut, petugas melayani peserta KB implant sebanyak 34 orang, dan peserta KB IUD 1 orang.

Tujuannya untuk mengatasi kehamilan tidak diinginkan (KTD) dan putus pakai alat kontrasepsi, sebagai dampak situasi pandemi COVID-19.

Kegiatan yang bekerjasama dengan puskesmas setempat juga merupakan rangkaian Kegiatan Hari Kontrasepsi Sedunia dan KB Kes TNI Tahun 2020,

Camat Sungai Pinang Suharto, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Banjar yang telah menfasilitasi kegiatan pelayanan KB masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bidang KB KS Dinas P2KBP2A Alfisah mengapresiasi camat dan seluruh mitra kerja atas dukungan dan kerjasamanya sehingga pelayanan KB mobile bisa dilaksanakan.

Pandemi COVID-19 berdampak pada seluruh aspek kehidupan termasuk penyelenggaraan pelayanan KB. Berdasarkan data Statistik Rutin BKKBN, capaian peserta KB Baru mengalami penurunan secara signifikan.

Kegiatan KB mobile diperlukan agar masyarakat tetap bisa terlayani.