APDESI Kecamatan Sungai Tabuk Banjar Gelar Bimtek Persiapan Desa Digital

Martapura - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Sungai Tabuk menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada perangkat desa untuk menunjang percepatan akses informasi publik di Aston Banua Hotel Kabupaten Banjar, Minggu (27/9).

Bimtek ini menghadirkan dosen Teknologi Informasi dari Politeknik Hasnur Akhmad Fahrizal Harudiansyah, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Banjar serta anggota Teknologi Tepat Guna (TTG) Banjar.

Mereka yang mengikuti acara ini terdiri 50 peserta dari aparatur desa, pembakal desa, serta operator dari 20 desa di Kecamatan Sungai Tabuk.

Camat Sungai Tabuk Ahmad Rabani mengatakan, bimtek ini selain untuk peningkatan kapasitas aparatur desa, juga bertujuan persiapan Program Desa Digital di sejumlah desa di Kecamatan Sungai Tabuk.

“Pelatihan bimtek ini selain bertujuan untuk mengembangkan potensi desa, juga meningkatkan pemasaran dan percepatan akses serta pelayanan publik, dalam menuju program desa digital di Kecamatan Sungai Tabuk,” kata Rabani.

Desa digital ini kedepannya agar meningkatkan pertumbuhan masyarakat di setiap desa dari berbagai aspek. Salah satunya roda ekonomi di setiap Desa. Konsep program Desa Digital ini adalah sebuah program yang digagas untuk memberikan pelayanan pemerintah, dan pemberdayaan masyaraka berbasis pemanfaatan teknologi informasi.

Dari 20 desa yang akan dikembangkan menjadi desa digital dengan memanfaatkan teknologi informasi, terdapat desa yang belum ada jaringan Internet.

“Ada satu Desa Lok Baintan Dalam yang belum memiliki jaringan internet, dan akan melaporkan ke pihak Kabupaten Banjar untuk melakukan peluasan jaringan guna kelancaran program desa digital,” katanya.

Sementara itu, Kadis DPMD Banjar Syahrialuddin sangat mengapresiasi seluruh perangkat desa yang memberikan pelatihan.

Menurutnya, ini upaya baik dari Kecamatan Sungai Tabuk dalam percepatan layanan di setiap desa.