Pemkab Ciamis dan Universitas Galuh Sepakati Perjanjian Kerjasama

Ciamis - Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melakukan penandatanganan enam perjanjian kerjasama dengan Universitas Galuh.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari Kesepakatan Bersama Nomor 119/11-Pem.3/2020 dan Nomor 011/4123/AK/KS/R/IV/2020 tanggal 1 April 2020 tentang Kerjasama Bidang Pendidikan, Pelatihan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Galuh Yat Rospia Brata di auditorium Universitas Galuh, Kamis (24/9), menyambut baik kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis.

"Untuk mewujudkan pembangunan daerah, saya rasa kerjasama ini sangat tepat dilakukan sebagai bentuk sinergitas antara pemerintah dan akademisi," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, dalam sambutannya mengatakan, pemerintah daerah merasa terbantu dengan adanya kerjasama ini untuk mencapai target visi-misi yang pertama yaitu mengembangkan SDM Tatar Galuh Ciamis, dan salah satu caranya adalah bekerjasama dengan akademisi," tuturnya.

Lebih lanjut, Bupati Herdiat menjelaskan, salah satu bentuk kerjasama antara pemda dan Universitas Galuh itu bisa berbentuk keterlibatan akademisi dalam pembuatan dan pengaturan kebijakan melalui kajian-kajian akademik yang dilakukan akademisi Universitas Galuh tersebut.

“Salah satunya pengaturan kebijakan. Dalam kaitannya dengan kajian-kajian akademis, misalnya kita ingin rekrutmen ASN, pejabat, ada rotasi, promosi dilibatkan akademisi, lelang terbuka atu open bidding salah satunya," tuturnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Herdiat Sunarya mengharapkan kerjasama Pemkab Ciamis dengan Universitas Galuh ini bisa mensejahterakan masyarakat.

"Harapannya kerjasama ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terutama untuk kesejahteraan masyarakat," tandasnya.