Ditjen Perkeretaapian Akan Bangun Tujuh Stasiun Pada Proyek Trans Parepare- Makassar

Pangkep - Ditjen Perkeretaapian akan membangun tujuh stasiun di dua kabupaten yang dilintasi yakni Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) dan kabupaten Maros, Sulawesi Selatan pada proyek kereta api Trans Parepare-Makassar.

Hal ini diungkapkan Humas Pengembangan Perkeretaapian Sulsel Arinova G Utama di Makassar, Minggu (20/09).

Dijelaskan, pembangunan stasiun tersebut akan ditempatkan empat stasiun di Kabupaten Pangkep dilakukan di empat lokasi yakni Kecamatan Mandalle, Ma'rang, Labbakkang dan Pangkajene. Sementara di Kabupaten Maros akan di ditempatkan Tiga stasiun yang akan dibangun masing-masing berada di Rammang-Rammang, Maros dan Mandai.

Sekedar diketahui saat ini proyek trans Makassar Pare-pare masih dalam proses pengadaan tanah pada jalur proyek kereta api di Kabupaten Pangkep dan Maros. Hanya saja, belum semua persil tanah dibebaskan karena masih ada warga yang belum menyetujui harga yang ditawarkan tim penilai, sehingga biaya ganti rugi dititip di pengadilan.

Sementara itu dari data Ditjen Perkeretaapian diketahui progres pengadaan tanah untuk jalur kereta api di Kabupaten Pangkep sudah 55,53 persen. Progres tanah untuk jalur kereta api di Kabupaten Maros baru 24,15 persen. Progres konstruksi proyek kereta api trans Makassar-Parepare sekitar 26 persen. (Mcpangkajene)