Bupati Kubu Raya Imbau Pemuda Berdayakan Masjid

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, sektor kesehatan menjadi basis utama bagi daerahnya dengan memberdayakan hidup sehat dimulai dari masjid.

“Hidup sehat dimulai dari masjid, ini sama juga kita dengan melakukan merawat peradaban, karena sejak dulu sejarahnya juga sama yang dimulai dari zaman Rasulullah SAW sampai zamannya sahabat Nabi yang memulai sesuatu itu dari masjid-masjid yang digunakan untuk kegiatan ekonomi, sosial maupun mengurus semua rumah tangga, sama dengan Pemerintah Kubu Raya yang urus semua itu adalah rumah tangga,” katanya, Minggu (20/9).

Bupati menambahkan, saat ini Kabupaten Kubu Raya akan berusaha memperkuat basis kesehatan di masyarakat.

Dirinya menilai, peran dari pemuda Muhammadiyah dan perempuan Aisyah di sektor pendidikan dan kesehatan dari sejak dulu hingga sekarang sudah sangat luar biasa.

“Selaku Bupati, tentu saya tidak bosan-bosannya untuk terus mengingatkan semua desa bahwa, ukuran keberhasilan pemerintahan Kubu Raya itu, bagaimana semua atau 172 ribu rumah tangga yang tersebar di 118 desa dan 9 kecamatan itu bisa hidup sehat, tenang dan bahagia. Apalagi saat ini kita sedang menghadapi situasi yang cukup berat, tapi jika kita memulainya dengan kegiatan seperti ini, siapa yang tidak merasa tenang dan suasana batinnya juga merasa bahagia berada di masjid karena semua persoalan bisa dicari solusinya dengan cara yang tenang dan bahkan tidak terlalu panik serta cemas berlebihan," tuturnya.

Bupati menjelaskan, dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini, diperlukan suasan batin yang tenang dan tidak panik serta cemas. Tapi Pemkab Kubu Raya akan terus selalu berusaha memperjuangkan suasana bahagia di setiap keluarga dan rumah tangga agar bisa mengurangi hal-hal yang bisa membawa suasana batin yang emosional.

“Langkah ini sangat penting untuk merefresh dan melakukan langkah-langka agar tidak terdampak, karena kondisi ini juga akan membuat seseorang semakin banyak yang stress, cemas dan panik. Semua itu sudah menjadi konsekuen. Sebab, tingkat stress dan depresi itu akan mempengaruhui imunitas tubuh kita menjadi drop (turun) sehingga akan sangat mudah sekali terdampaknya," jelasnya.

Bupati mengatakan, terkait renovasi masjid, harus diperkuat bersama, yang mana Pemkab Kubu Raya akan berkeadilan dan berusaha mengakomodir semua masjid-masjid yang dibangun dan direhab masyarakat. Ini yang akan kita utamakan yang sedang dilakukan pembangunan atau renovasi berat atau sedang.

“Insya Allah, semua kedepannya sudah terdata, agar aktivitas di masjid ini kedepan juga bisa memberikan kepada anak-anak muda kita, baik itu aktivitas seni budaya, Islam, sektor-sektor kesehatan, ekonomi dan sebagainya bisa kita perkuat sama-sama dari masjid ini, sehingga inisiatif-inisiatif produktif akan muncul. Di masjid ini juga harus bisa memperkuat UKM-UKM, mengingat di Sungai Rengas banyak hasil-hasil dari pertanian, perikanan dan perkebunan yang bisa dibuat menjadi produk UKM," pungkasnya.