Pemkab Ciamis Gelar Kegiatan "World Clean Up Day"

Ciamis - Kegiatan "World Clean Up Day" di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menjadi salah satu pengimplementasian kepada masyarakat tentang betapa pentingnya kebersihan dan pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan COVID-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pada kegiatan "World Clean Up Day Ciamis 2020" di Rumah Makan Benhil, Kelurahan Benteng, Sabtu (19/9).

Kegiatan yang bertemakan "Bersatu Indonesia Bersih" itu diikuti oleh tiap kelurahan se-Kabupaten Ciamis dan 50 komunitas yang tersebar di beberapa wilayah setempat.

Acara ini diisi kegiatan memungut serta memilah sampah dari rumah-rumah dan lingkungan dengan Kelurahan Benteng sebagai titik seremonialnya.

Bupati Herdiat mengatakan, permasalahan sampah di Kabupaten Ciamus saat ini masih bisa teratasi.

"Alhamdulillah saat ini untuk Ciamis terkait permasalahan sampah masih bisa teratasi jika di bayangkan dengan kota-kota lain sampah menjadi masalah yang krusial," ungkapnya.

Pemerintah daerah, ujarnya, sangat merespons dan mengapresiasi masyarakat yang peduli terhadap sampah dan penanganannya.

"Insya Allah, pemda akan memberikan reward terhadap pengelola sampah terbesar berupa satu unit sepeda motor," jelas Herdiat.

Selain itu, lanjut Herdiat, terkair traking

COVID-19 saat ini jumlahnya terus meningkat baik di nasional maupun untuk Kabupaten Ciamis.

"Kondisi saat ini COVID-19 trackingnya luar biasa di tingkat nasional tiap hari kurang lebih 3.000 orang, termasuk di Ciamis beberapa hari ini mengalami penambahan kasus positif," tuturnya.

"Termasuk diantaranya dari rekan-rekan guru dan ASN, sehingga untuk setda sendiri mengharuskan ada perubahan jam kerja atau work from home sebagai antisipasi," tambahnya.

Terahir, bupati mengajak kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan serta melakukan pola hidup sehat dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan.