LPTQ Banjar Matangkan Kader Selama Dua Bulan

Martapura - Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Banjar mengelar pembinaan kader dalam rangka meningkatkan kapasitas pada semua cabang lomba Musabaqah Tilawatil Qurann (MTQ), di gedung Islamic Center KH Anang Djazuli Seman, Martapura, Sabtu (19/9) pagi.

Pembinaan peningkatan kapasitas kader ini dibuka resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar M Hilman, dan dihadiri oleh Ketua LPTQ Kabupaten Banjar HMasruri, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Banjar Najwan Noor, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kabupaten Banjar Ikhwansyah, serta puluhan kader dan pembimbing.

Sekda Banjar M Hilman mengatakan bahwa MTQ merupakan salah satu bentuk upaya untuk terus mewujudkan rasa kecintaan terhadap Al Quran dan mengukuhkannya sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan.

“Semakin kita menghayati Al Quran maka akan semakin terasa kedamaian dan kesejukannya,” ujarnya.

Sekda berharap agar peserta bisa memanfaatkan dan mengikutinya dengan sebaik-baiknya, guna peningkatan kemampuan yang dimiliki.

“Latih dan asah keterampilan, baik dalam hal tilawah, tahfidz, qiraat, syarhil Quran, fahmil Quran, tafsir Quran berbahasa Indonesia, Arab dan Inggris, serta kemahiran dalam menulis khaththil Quran atau kaligrafi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Banjar Masruri menyampaikan, untuk saat ini ada beberapa cabang lomba MTQ yang tidak bisa diikuti oleh kafilah Kabupaten Banjar, dikarenakan masih kurangnya atau keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang mengisi cabang tersebut, namun untuk tahun depan akan diupayakan agar bisa terisi.

”Kita berharap pada MTQ akan datang kita akan bisa menjadi juara umum, sementara pada tahun kemarin di Kabupaten Tabalong, kita hanya berada di peringkat kedua," katanya.

Pelatihan yang diikuti oleh puluhan kader tersebut rencananya akan berlangsung selama dua bulan dengan mengambil dua lokasi, masing-masing di gedung Islamic Center dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar.