KPU Kalsel Gelar Rapat Bahas Kesiapan Pilkada Serentak 2020

Banjarmasin - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar rapat pimpinan dengan KPU labupaten/kota se-Kalsel dalam rangka koordinasi persiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan 17-18 September 2020 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin itu dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Kalsel Sarmuji, dan dihadiri seluruh komisioner dan pejabat KPU kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan.

Komisioner KPU Kabupaten Banjar Abdul Muthalib ?engungkapkan, seluruh komisioner, sekretaris hingga para kasubag KPU kabupaten/kota hadir dalam kegiatan ini, salah satunya adalah Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas dan SDM) yang berfokus membahas kesiapan pelaksanaan tahapan kampanye yang akan dimulai 26 September 2020 dan kegiatan sosialisasi.

“Selain itu dibahas pula pembahasan untuk alat peraga kampanye (APK) dan bahannya yang akan difasilitasi KPU kabupaten/kota untuk para calon kepala daerah.” ujarnya.

KPU Kabupaten Banjar sendiri, lanjutnya, belum mempersiapkan fasilitas APK dan bahan kampanye.

“Dalam waktu dekat KPU Banjar dan kabupaten/kota lainnya akan mengadakan rapat koordinasi dengan paslon, parpol, Bawaslu dan pihak terkait lainnya untuk menentukan langkah persiapan kampanye,” tambahnya.

Rakor dengan pembahasan kesiapan jelang Pilkada ini dibagi enam kelas pembahasan, yakni Kelas A dengan pembahasan keuangan, umum, logistik dan rumah tangga dengan narasumber Ketua KPU Kalsel Sarmuji.

Sementara, Kelas B dengan pembahasan teknis penyelenggara dengan narasumber Komisioner KPU Kalsel Hatmiati membicarakan persiapan rapat pleno untuk penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut paslon.

Kelas C yang membahas hukum dan pengawasan dengan narasumber Komisioner KPU Kalsel Nur Zazin ini membicarakan potensi permasalahan hukum dalam tahap penetapan pasangan calon Pilkada 2020.

Kelas D tentang sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat & sumber daya manusia dengan narasumber Komisioner KPU Kalsel Edy Ariansyah membicarakan fasilitas APK dan bahan kampanye, pemetaan lokasi pemasangan, dan persiapan Deklarasi Kampanye Damai dan Sehat

Kelas E tentang perencanaan, data & informasi dengan narasumber Komisioner KPU Kalsel Siswandi Reya’an membicarakan persiapan uji publik sekaligus pola penanganan masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DPS, perencanaannya menuju DPT, potensi masalah yang dihadapi terkait daftar temilih.

Terakhir, Kelas F dengan narasumber Sekretaris KPU Kalsel, membahas pertanggungjawaban keuangan nggaran Pilkada 2020 dan persiapan distribusi logistik.