Peringati HUT Ke-75 PMI, RSOP Ciamis Gelar Donor Darah

Ciamis - RSOP Ciamis berkerjasama dengan PMI Kabupaten Ciamis menggelar donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-75 Palang Merah Indonesia (PMI).

Direktur RS Khusus Bedah RSOP Ciamis sekaligus ketua pelaksana donor darah Nurmansyah Hata Dwi Putra mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan oleh RSOP Ciamis dan berkerjasama dengan PMI Ciamis dengan tujuan agar dapat memberikan tambahan ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Ciamis, terlebih pada saat pandemi COVID-19 banyak sekali yang membutuhkan darah.

Ditambahkan Nurmansyah, giat donor darah ini juga merupakan program rutin tahunan yang diadakan oleh RSOP Ciamis.

"Kegiatan donor darah ini, hanya dilakukan satu hari ini saja yang di mulai dari pagi hingga sore dengan target minimal 100 kantong darah," imbuhnya di RSOP Ciamis, Kamis (17/9).

Ia menambahkan, para pendonor yang datang berasal dari ASN Pemkab Ciamis, unsur TNI dan Polri, kader PKK, karyawan RSOP Ciamis, serta masyarakat sekitar RSOP.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur RS Khusus Bedah RSOP Ciamis menjelaskan, selain kegiatan donor darah, juga pihaknya sekaligus memperkenalkan fasilitas baru yang dimiliki RSOP yakni fasilitas alat kesehatan baru berupa alat CT Scan, yang mana alat ini berfungsi untuk membantu mendiagnosa penyakit dalam dari mulai kepala sampai dengan kaki.

"Alat ini pada dasarnya sama seperti sinar X-Ray," urai Direktur RSOP.

Ditambahkan dr. Nurmasnyah, alat CT Scan ini sudah dilaunching kurang lebih 2 (dua) minggu lalu, dan alat ini sampai saat ini untuk Kabupaten Ciamis cuman baru ada di RSOP Ciamis, tambahnya.

Dijelaskan lebih lanjut, kegunaan CT Scan sendiri diantara untuk menangani pasien seperti halnya pasien stroke, dengan alat ini maka akan terdeteksi apakah penyebabnya hanya sumbatan di saraf saja atau ada pembuluh darah yang pecah, jelasnya.

Harapannya dengan adanya alat CT Scan di RSOP Ciamis ini tentu dapat menjadi salah satu sarana pelayanan kesehatan untuk pasien tertentu sehingga tidak perlu ke rumah sakit yang jauh-jauh lagi, tandasnya.

Adapun jumlah darah yang terkumpul pada kegiatan tersebut sebanyak 108 kantong, dengan rincian golongan darah A(30), B (32), AB (6) dan O sebanyak 40 kantong.