Dampingi Ibu Negara, Wawako: Empat Puskesmas Palembang Gratis Pemeriksaan Pap Smear


Palembang - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) melakukan kampanye deteksi dini kanker Rahim di Kota Palembang, Sumatera Selatan

Iriana Jokowi, didampingi oleh para istri menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK), berkunjung ke Puskesmas Merdeka Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (17/9).

Saat kunjungan itu, Iriana Jokowi ditemani Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Febrita Lustia Deru, Ketua Tim Penggerak PKK Palembang Selviana Harnojoyo, Kepala Dinas Pendidikan Ahmad Zulinto, Kepala Dinas Kesehatan Letizia.

Kunjungan Iriana untuk mengampanyekan pemeriksaan dini kanker rahim kepada kaum perempuan, khususnya para ibu di Kota Palembang.

"Usia seperti kita ini harus sering-sering cek kesehatan. Baik undangan ataupun kesadaran sendiri," kata Iriana.

Menurut Iriana, kanker rahim menyerang wanita di usia subur dan produktif. Oleh sebab itu, ia berharap muncul kesadaran dari warga.





Iriana juga mengapresiasi pelayanan yang diberikan Puskemas Merdeka Kota Palembang.

Setelah memberikan penyuluhan, Iriana kemudian melihat langsung pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi ibu-ibu di puskesmas tersebut.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda didampingi Kadinkes Letizia mengatakan, jika Pemkot Palembang menyediakan sarana gratis pemeriksaan pap smear di empat puskesmas yakni Puskesmas Merdeka, Dempo, Pembina dan Sematang Borang.

"Silakan datang, khususnya ibu-ibu usia subur (25-50 tahun) karena jika ke rumah sakit harus mengeluarkan dana Rp25 ribu untuk sekali periksa. Paling tidak satu kali dalam setahun diperiksa," kata Fitrianti.

Terkait kabut asap yang melanda Kota Palembang, Fitrianti mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Seluruh sekolah SD dan SMP serta masyarakat sudah kita berikan masker dan kita imbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, terutama saat malam hari dan sampai subuh yang biasanya kabut asap sangat berbahaya pada jam-jam tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Merdeka Palembang, Desty Aryani, menyampaikan terima kasih atas kunjungan Ibu Negara Iriana Jokowi.

"Kami merasa bersyukur dan terima kasih atas kunjungan tersebut, ini akan menjadi motivasi kami untuk meningkatkan pelayanan lebih baik lagi," kata Desty.

Ia menjelaskan Puskesmas Merdeka memiliki pelayanan khusus untuk masyarakat.

"Kita memiliki pelayanan khusus seperti deteksi dini Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Jika pasien positif kita bisa mengambil langkah di puskesmas ini untuk segera dilakukan kemoterapi," ujar Desty.

Ia mengatakan pihaknya akan berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kota Palembang.

"Kami memiliki pelayanan tidak hanya menunggu di gedung saja, tetapi kami juga memakai sistem jemput bola, kami membuka posko untuk masyarakat, tidak hanya IVA tetapi penyakit lainnya, seperti ISPA. Kami berusaha mengurangi dampak dari kabut asap yang sedang melanda Kota Palembang," kata Desty pula.

Desty menjelaskan terkait data pasien yang terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di sekitar puskesmas tersebut.

"Khusus di Puskesmas Merdeka sendiri angka peningkatan ISPA tidak terlalu signifikan, dari 0,5 -2,3 persen dari pasien biasanya.” (*)