Kabupaten Ciamis Raih Tiga Piala MTQ Jawa Barat

Subang - Kontingen Kabupaten Ciamis meraih tiga piala dalam perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Barat ke-36.

Acara ini ditutup langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum pada Kamis (10/9).

Penutupan MTQ ini dihadiri oleh para Bupati atau Wali Kota se-Jawa Barat, Ketua MUI Provinsi Jabar, Para ulama, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Jabar, Ketua DPRD Jabar, Wakil Komisi V DPRD, Asisten 1 Setda Prov. Jabar, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Jabar, Kepala Kanwil Kementerian Agama, dan Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Jabar.

Ketiga piala yang dimenangkan Kabupaten Ciamis diraih dalam beberapa kategori antara lain Murottillah Terbaik I dalam Cabang Qiro'at Sab'ah Golongan Murottal atas nama Kaylla Nadyne Felisha Lesmana. Sedangkan Hafidzhah Terbaik II dalam Cabang Tahfidzh Golongan 1 Juz & Tilawah atas nama Hilya Aliyatul Afizah, Hafidzh. Sementara Terbaik III dalam Cabang Tahfidzh Golongan 1 Juz & Tilawah atas nama Abi Faza Abdillah Dzinuha.

Melalui keputusan Dewan Hakim Nomor 05 /DH/KEP/MTQ-PROV/IV/2020, Kabupaten Ciamis juga mendapatkam juara pada kategori Hafidzh sebagai juara harapan II dalam cabang Tahfidzh Golongan 5 Juz & Tilawah atas nama Ardiyanto, dan Qori'ah sebagai juara harapan II dalam Cabang Tilawah Golongan Remaja atas nama Sofa Wahdani Hafidzah. Sementara juara harapan III dalam Cabang Tahfidzh Golongan 5 Juz & Tilawah atas nama Zulfa Dihni Aulia, dan Qori'ah Harapan III dalam Cabang Qiro'at Sab'ah Golongan Mujawwad atas nama Yuyun Yuliana.

Juara umum dan peringkat prestasi daerah diraih oleh Kabupaten Bandung, disusul dengan Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Subang. Sementara itu, Kabupaten Ciamis menempati peringkat 9 setelah Kota Bekasi.

Wakil Gubernur Jawa Barat, dalam sambutannya, berharap dengan dilaksanakannya MTQ ini semoga dapat meningkatkan iman dan taqwa anak bangsa, dan juga mencintai negara Indonesia.

Lebih lanjut, Wagub menyampaikan lahirnya para juara hari ini merupakan aset dan kekayaan Jawa Barat. "Mereka merupakan tunas harapan bangsa yang akan meneruskan estafet kepemimpinan di negara ini," ucapnya.