Hidroponik Peluang Usaha di Tengah Pandemi

Martapura - Pandemi COVID-19 yang terjadi sampai saat ini cukup memberikan pengaruh terhadap perekonomian masyarakat. Kendati demikian, ada saja peluang yang bisa dilakukan untuk dijadikan ladang usaha salah satunya adalah menjual instalasi tanaman hidroponik.

Seperti yang dilakukan oleh Mahyudi warga Desa Pekauman Dalam, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar. Ia mulai menekuni pembuatan instalasi atau alat untuk bertani dengan sistem instalasi hidroponik.

Mahyudi menceritakan dulunya ia berprofesi sebagai pengrajin fukaha, namun sejak omzet penjualan fukaha mengalami penurunan secara drastis, maka ia beralih ke usaha pembuatan instalasi hidroponik ini.

Semula tambah Mahyudi, tak ada niat untuk menjual alat-alat instalasi hidroponik itu. Namun dikarenakan adanya yang memesan, akhirnya ia lebih fokus untuk berjualan alat pertanian hidroponik.

“Ada saja yang memesan, dan biasanya mereka meminta melalui telepon atau datang langsung ke rumah,” katanya Kamis (10/9).

Lebih lanjut ia baru akan mulai membuat instalasi hidroponik jika sudah ada orang yang memesannya. Hal ini dilakukannya agar tidak ada penumpukan stok yang terlalu lama. Selain itu, modal untuk membuat 1 set instalasi hidroponik ini juga dirasa cukup besar.

Untuk membuat 1 set (paket) instalasi hidroponik ditambah 1 unit mesin pompa air  modal yang diperlukan sekitar Rp600 ribu. Namun modal biaya tersebut belum termasuk biaya merakit dan konstruksi kayunya. Sedangkan untuk pembuatan 1 paket instalasi hidroponik sampai selesai modal yang diperlukan sekitar Rp1,3 juta.

“Ini untuk ukuran 4 meter dengan pipa sebanyak 6 batang ukuran 2,5 inch. Keuntungannya sih gak begitu banyak, tapi cukup saja buat sehari-hari,” pungkasnya. (Kominfo Banjar/Sairi/Syadi)