Pemkab Ciamis Gelar Milangkala Gong Perdamaian Dunia ke-11

Ciamis - Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra memukul gong perdamaian dunia pada acara Milangkala Gong Perdamaian Dunia ke-11 di situs budaya Ciungwanara, Karangkamulyan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (9/9).

Acara yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ini dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kabupaten Ciamis, Forum Kerukunan Umat Beragama, Forum Pembauran Kebangsaan, dan para budayawan setempat.

Sebagai informasi, Ciamis merupakan satu-satunya Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki gong perdamaian dunia yang berdiri sejak 9 September 2009.

Gong perdamaian dunia ditempatkan di Tatar Galuh Ciamis sebagai cikal bakal perdamaian. Penempatan di Karang Kamulyan terkait sejarah Galuh, karena situs ini merupakan petilasan Kerajaan Galuh (600M-1300M). Gong ini merupakan ikon untuk memelihara perdamaian, kearifan lokal dan nilai-nilai leluhur.

Rangkaian acara diawali dengan Kirab Kebhinekaan, prosesi upacara Milangkala gong perdamaian yang dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh tujuh tokoh, ngawasuh gong serta penyiraman gong.

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, menuturkan, gong perdamaian dunia ini merupakan simbol persaudaraan dan perdamaian bersama.

"Perbedaan itu ada untuk mempersatukan kita dalam mewujudkan perdamaian bersama. Maka dari itu, mari kita bangun persatuan, karena kondusivitas perdamaian adalah syarat mutlak untuk membangun Ciamis menjadi lebih maju," ujar Yana.