Menteri Pertanian Apresiasi Hasil Pertanian Indramayu

Indramayu- Kedatangan Menteri Pertanian Republik (Mentan-RI) Syahrul Yasin Limpo di Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu membawa angin segar untuk para petani di sejumlah wilayah. Pasalnya selain memastikan ketersedian pupuk tercukupi juga mengapresiasi bahwa hasil pertanian di Kabupaten Indramayu Terbaik Nasional.

“Kehadiran saya ini sesuai perintah Bapak Presiden Jokowi, agar selalu turun ke petani dan menyelesaikan cepat masalah. Produksi pangan harus tetap terjaga walau dihadapkan pada tantangan apapun,” katanya Minggu (6/9).

Ditambahkan, kondisi pertanian di Indramayu patut dijaga dan terus dipertahankan sebagai penopang perekonomian Indonesia.

Hal tersebut karena dalam data BPS pada kuartal II PDB sektor pertanian meningkat 16,4 persen. Termasuk sumbernya dari para petani di wilayah Kabupaten Indramayu, sehingga diharapkan mampu menjadi sektor yang tahan akan dampak wabah COVID-19.

“Dengan kondisi sekarang maka patut dijaga, hasil pertanian di Indramayu menjadi percontohan untuk petani lainnya. Ini penting untuk dijaga dalam menghadapi ekonomi dunia yang sedang melemah termasuk Indonesia, sehingga secepatnya bangkit agar kebutuhan lainnya bisa terpenuhi,” terangnya.

Dijelaskan Syahrul, sektor pertanian harus mengedepankan beberapa komponen yang menjadi tolak ukur melimpahnya hasil pertanian, pertama sistem irigasi, varietas bibit unggul yang digunakan, kecukupan pupuk serta SDM petani yang mau bekerja di sawah.

Selanjutnya untuk terus menciptakan pertanian yang unggul dan maju, Kementan akan terus membangun korporasi pertanian yang ditunjang fasilitas permodalan atau Kredit Usaha Rakyat (KUR), dengan begitu bisa menuju petani yang mandiri dan modern serta menjamin harga padi yang menguntungkan petani. (M.Toyib/Diskominfo Indramayu)