Pemkab Pandeglang Gandeng Kanada Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang dengan Kanada menjalin kerjasama pembangunan kawasan perdesaan sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat perdesaan.

Kepala Bidang Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang Tanti Yulianti mengatakan, Pemkab Pandeglang mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dan Pemerintah Kanada untuk melaksanakan program National Support For Local Investment Climates (NSLIC) melalui program bantuan Responsive Innovation Fund (RIF) dengan bantuan anggaran sebesar Rp1 miliar.

“Melalui program ini pemerintah daerah di beri kesempatan untuk dapat mengelola dan meningkatkan potensi sumber daya yang kita miliki," katanya di Pandeglang, Kamis (4/9).

Ditambahkannya, kerjasama peningkatan pembangunan kawasan perdesaan dengan Pemerintah Kanada difokuskan di kawasan perdesaan terutama pada Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) dan agro wisata yang berada di Kecamatan Labuan dan Jiput, sedangkan pengembangan ekonominya menyasar pada pemanfaatan sumberdaya alam terutama di sektor perikanan dan pengembangan sumberdaya manusia yaitu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Nantinya produk-produk Pandeglang memiliki nilai tambah dan daya saing yang lebih baik. Karena itu dengan adanya program pembangunan kawasan perdesaan kita mengelar Workshop Tim TKPKP guna penajaman rencana aksi,” ujarnya.