Peningkatan Kasus COVID-19, Sekda Muara Enim Kunjungi PTBA

Muara Enim - Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Hasanudin mengunjungi PT Bukit Asam (Persero), Kamis (3/9), terkait peningkatan kasus positif COVID-19 di Kecamatan Lawang Kidul, terutama pada jajaran karyawan Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE).

Sekda Hasanudin yang didampingi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM yang juga Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Muara Enim Panca Surya Dihata, kepala Dinas Kesehatan dan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), diterima langsung oleh General Manager UPTE PTBA Bivirli Binanga.

Dalam pertemuan ini dibahas penularan COVID-19 di Kecamatan Lawang Kidul, terutama di kawasan perkantoran dan tambang PTBA Tanjung Enim. Sekda Hasanudin meminta penjelasan langsung dari direksi PTBA sehubungan dengan melonjaknya angka kasus penularan COVID-19-19 di BUMN pertambangan batubara tersebut.

"Saya berharap PTBA terus berkoordinasi dan melaporkan setiap perkembangan terkini dari kondisi yang terjadi kepada tim Satgas COVID-19 Kabupaten Muara Enim sehingga diharapkan adanya kesatuan data maupun langkah dalam penanganan pandemi COVID-19," ujarnya.

Lebih lanjut, sekda berharap PTBA dapat memperketat kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 bagi para karyawan.

Sementara itu, General Manager UPTE PTBA Bivirli Binanga menyampaikan keprihatinannya dengan situasi yang saat ini dihadapi oleh perusahaannya. Meski begitu, dirinya menjamin bahwa PTBA masih mampu mengatasi hal tersebut dan telah menyiapkan langkah-langkah untuk menanggulangi penularan COVID-19 lebih jauh.

Pihaknya menjelaskan bahwa PTBA sudah secara ketat melaksanakan protokol kesehatan dalam aktivitas kerja, namun memang terindikasi kasus penularan ini merupakan bawaan dari karyawan yang melakukan perjalanan dari luar kota.

"PTBA berjanji akan terus berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 Kabupaten Muara Enim terkait perkembangan terkini baik kondisi penyebaran maupun langkah-langkah penanggulangan pandemi ini," ujar Bivirli.