Plt Bupati Muara Enim Imbau Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Muara Enim - Plt Bupati Muara Enim Juarsah mengimbau masyarakat untuk mensukseskan tahap lanjutan Sensus Penduduk (SP) 2020.

Imbauan tersebut disampaikan Juarsah dalam rekaman video yang digagas oleh Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Badan Pusat Statistik  (BPS) Kabupaten Muara Enim sebagai bentuk dukungan nyata untuk kesuksesan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020.

Plt Bupati Muara Enim Juarsah menyampaikan arti pentingnya sensus kependudukan ini. Menurutnya data kependudukan adalah salah satu data utama dalam perencanaan pembangunan ke depan, serta bahan untuk evaluasi terhadap pembangunan yang telah dilaksanakan dari mulai tingkat nasional, provinsi, kabupaten bahkan hingga ke tingkat desa.

“Agar program-program pemerintah kabupaten Muara Enim tepat sasaran dan langsung diterima oleh masyarakat sesuai visi misi Merakyat (Muara Enim Untuk Rakyat)," ujarnya.

Juarsah mengajak dan mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim, terutama yang belum sempat mengikuti Sensus Penduduk Online (SPO) 2020 beberapa waktu yang lalu untuk dapat menerima kedatangan petugas sensus penduduk dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang pelaksanaannya akan berlangsung selama September 2020, serta akan menggandeng ketua RT masing-masing wilayah.

“Terima kedatangan petugas  BPS dan beri jawaban yang benar dan jujur agar hasil sensusnya menjadi data yang baik dan valid," pungkasnya.

Berdasarkan laporan capaian sensus penduduk online (SPO) dari BPS RI tahun 2020, untuk se-Provinsi Sumsel Kabupaten Muara Enim menduduki peringkat kedua dengan jumlah penduduk terbanyak berpartisipasi, yaitu sebanyak 414.795 jiwa, selisih tipis dengan Kota Palembang, yaitu sebanyak 463.464 jiwa. Demikian pula dalam hal persentase, Kabupaten Muara Enim juga berada di posisi kedua, yaitu sebesar 64,2 % dari keseluruhan jumlah penduduk, kurang sedikit dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sebesar 68,2%.