Penyaluran Bantuan COVID-19 di Losarang Berjalan Lancar

Indramayu – Pemerintah Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, memastikan penyaluran bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun pemerintah daerah hingga desa, berjalan dengan aman dan tepat sasaran kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Camat Losarang Suratno Sukarja, Kamis (3/9), menjelaskan pihaknya dari sekian bantuan sosial yang diterima masyarakat di 12 desa se-wilayah Kecamatan Losarang rutin dilakukan monitoring dan pangamanan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam).

Kegiatan monitoring dan pengamanan penyaluran bansos tersebut meliputi, Bansos dari Kemensos, Bansos dari Pemprov Jabar, Bansos Pemerintah Kabupaten Indramayu hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) untuk terdampak COVID-19 di masing-masing desa.

“Jadi untuk bansos kemensos sendiri sudah berjalan dengan aman di kantor pos kemarin, dan pada senin juga sudah dilakukan penerimaan bansos kabupaten  yang berjumlah dua ratusan lebih KPM dari 12 desa di kantor kecamatan. Semua ini kita lakukan monitoring dan pengamanan agar upaya penerimaan yang kurang tepat dapat kita koreksi,” katanya.

Disamping itu, di tengah pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan baru (AKB) bersama unsur Forkopimcam Losarang upaya edukasi kepada masyarakat untuk  mematuhi protokol kesehatan COVID-19 masif dilakukan, dengan wajib menerapkan 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak).

Dengan Slogan, ‘Ayo Pakai Masker’ masyarakat kedepan wajib terbiasa menerapkan protokol kesehatan COVID-19, selain untuk memutus mata rantai adanya penularan di masyarakat juga mengharapkan nantinya  terbiasa, terlebih dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 pada 9 Desember nanti.

“Masyarakat sudah kita minta taat protokol kesehatan COVID-19. Dengan slogan ‘Ayo Pakai Masker’ walau masyarakat beberapa tidak memakai masker kita terus edukasi sampai nantinya terbiasa hingga pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 berlangsung,” tegasnya.