Bupati Ciamis Lepas 45 Kafilah MTQ Tingkat Jabar

Ciamis - Sebanyak 45 orang peserta Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) dari Kabupaten Ciamis yang akan mengikuti kegiatan MTQ XXXVI/2020 tingkat Provinsi Jawa Barat yang dipusatkan di Kabupaten Subang, dilepas secara resmi oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Kamis (3/9).

Sebanyak 45 orang kafilah terdiri dari peserta putra 22 orang, peserta putri 23 orang, dan ofisial sebanyak 17 orang.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, pelaksanaan MTQ tingkat Jabar tahun ini berbeda dari sebelumnya, karena menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Kami sebetulnya sangat khawatir memberangkatkan kafilah untuk melaksanakan MTQ tingkat Jawa Barat," katanya.

Dikatakan Bupati Herdiat, dari 27 kabupaten/kota yg ada di Jawa Barat, Kabupaten Subang termasuk wilayah dengan zona merah, ini tentu perlu kehati-hatian dan kewaspadaan.

"Kepada para ofisial, kami menitipkan para khafilah untuk melakukan pengawasan dan pengendalian, sehingga tidak berkerumun, physical distancing-nya dijaga," jelasnya.

Bupati Ciamis berharap para kafilah dapat mengikuti MTQ ini dengan sungguh-sungguh, fokus, berkonsentrasi dan tenang.

"Mudah-mudahan kafilah MTQ Kabupaten Ciamis dapat meraih sukses, sesuai dengan predikatnya kota santri, kita bisa berbicara di tingkat Jabar, nasional dan tetap pada tujuan utama kita yaitu untuk mengembangkan syiar Islam," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, bupati Ciamis menjanjikan akan memberikan bonus bagi peraih medali emas berupa haji dan umrah untuk yang meraih perak.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra, ketua DPRD, ketua LPTQ, kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Di akhir acara, Bupati Ciamis beserta ibu secara simbolis memakaikan jas dan masker kepada perwakilan kafilah MTQ yang akan diberangkatkan.