Petani Kecamatan Losarang Pesta Panen Raya Padi Musim Kemarau

Indramayu - Pemerintah Kabupaten Indramayu terus berkomitmen melakukan pengawalan suplai air irigasi pertanian dari bendungan rentang agar bisa sampai ke lahan persawahan milik petani. Hal ini gencar dikawal sampai para petani di sejumlah wilayah Indramayu bisa menggelar pesta panen raya padi musim kemarau 2020.

Dengan upaya tersebut, telah terbukti sejumlah lahan pertanian atau sawah di wilayah Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu, bisa menggelar pesta panen raya padi musim kemarau 2020. Kondisi demikian, berbeda pada tahun sebelumnya yang gagal melaksanakan  panen raya padi musim kemarau akibat kurangnya pasokan air irigasi pertanian.

Camat Losarang Suratno Sukarja mengungkapkan, kondisi para petani di wilayahnya saat ini sukses melaksanakan panen raya padi musim kemarau 2020, tidak lepas dari kerja Tim Perairan Pertanian Kabupaten Indramayu yang terus mengawal agar suplai air bisa sampai ke lahan-lahan persawahan.

"Alhamdulillah berkat Tim Pengairan dari Kabupaten Indramayu, para petani kita yang pada tahun sebelumnya gagal panen, tahun kali ini bisa panen," katanya melalui keterangan resmi, Rabu (2/9).

Selain itu kata Suratno, tidak dipungkiri berkat para kepala desa beserta jajaranya juga telah aktif berkonsolidasi dengan kepala desa lainnya memantau suplai air hingga larut malam, sehingga dengan merata air irigasi pertanian di sejumlah desa para petani di Kecamatan Losarang bisa melaksanakan panen raya padi musim kemarau 2020.

“Saya sebelumnya telah mengintruksikan agar sejumlah kepala desa dan pamongnya harus sama-sama mengawal air irigasi pertanian ini bisa sampai ke lahan persawahan masing-masing desanya,”tambahnya.

Disamping itu juga terbantu berkat, pengawalan yang rutin dilakukan oleh unsur Bintara Pembina Desa (Babinsa) KORAMIL 1611 Kecamatan Losarang untuk menghindari adanya peristiwa atau temuan adanya preman air yang mengganggu hak para petani mendapatkan suplai air irigasi pertanian.

“Berkat Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Kecamatan Losarang ini, telah melindungi para petani terhindar dari preman air. Alhamdulillah semuanya berjalan susai harapan, para petani kita bisa melaksanakan panen raya padi musim kemaru 2020,” ujarnya. (M.Toyib/Diskominfo Indramayu)