Dewan Hakim MTQ : Penilaian Lomba Dilakukan Secara Profesional

Pangkep– Hari kedua pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXXI Sulsel yang dilaksanakan di Kabupaten Pangkep berlangsung lancar.

Dewan Hakim Kaswad Kastono mengatakan ada delapan kategori yang diperlombakan diantaranya kategori kaligrafi yang sedang berlangsung di ruangan hakim majelis 7.

“Untuk kategori kaligrafi diantaranya golongan naskah, dekoratif, mushaf dan kontemporer. Jadi kontemporer ini sesuatu yang baru, sedikit berbeda dengan kaidah-kaidah yang ada selama ini,” katanya Minggu (30/8).

Lebih lanjut, MTQ tingkat provinsi ini pertama kali digelar secara virtual sehingga dibutuhkan sinergitas dan kerja sama di tingkat pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, dan Kementerian Agama.

“Terutama (sinergitas) Infokom ini menempati posisi yang sangat strategis, para teknisi-teknisi ini dikerahkan untuk mensukseskan sebuah kegiatan keagamaan yang luar biasa,” terangnya.

Ditanya soal sistem penilaian yang dilakukan secara virtual, Kaswad Kastono mengatakan khusus kaligrafi dari prosesnya sudah bisa di pantau di layar semua kabupaten/kota.

“Penilainya tentu ada petunjuk teknis tersendiri, tentu para dewan hakim yang ditunjuk ini sangat profesional, tingkat akredit kejujuran individu yang luar biasa,” ujarnya.

Kaswad menjamin penilaian seluruh lomba yang digelar pada MTQ ini dilakukan secara profesional.

“Kami selaku koordinator dewan hakim menjamin seluruh penilaian dilakukan secara profesional dan adil, apa lagi kita semua sudah disumpah,” tegasnya. (Mcpangkajene)